Mengatasi Stres Secara Terpadu

0 komentar

http://rumah-sehat.blogspot.com/2006/07/mengatasi-stres-secara-terpadu.html          

Ternyata stres ketika tidak segera diatasi akan membawa akibat yang cukup merugikan. Berikut ada beberapa kiat mengelola stres:
1.Selalu berpikir positif
Cobalah melihat suatu masalah dengan sudut pandang yang berbeda. Mencoba berpikir positif dengan berusaha mengambil hikmah yang mungkin didapat dari persoalan yang dihadapi akan membuat kita lebih bisa ”nrimo” atau ikhlas dengan suatu kejadian.
2.Hadapi stresor dengan baik dan benar
Mencoba mencari solusi dari masalah yang dihadapi dengan pikiran yang lebih tenang dan pertimbangan yang matang. Membuat list (daftar) permasalahan yang dihadapi, setelah ditulis kemudian coba diselesaikan sesuai prioritas.
3.Membangun persahabatan yang dekat
Menurut dr. Klein, ketika seseorang mengasuh anak atau terlibat dalam persahabatan yang hangat, maka akan lebih banyak hormon oksitosin yang diproduksi, dan ini akan menghasilkan efek menenangkan. Studi dari Harvard Medical Record menyatakan bahwa semakin banyak teman, semakin kecil kecenderungan mereka mengalami kelemahan fisik di usia tua dan bahkan lebih besar kemungkinan mereka mengalami kehidupan yang menyenangkan.
4.Menjaga asupan gizi seimbang
Jagalah asupan gizi agar seimbang, terutama kandungan vitamin dan mineral yang mudah terkuras saat stres.
Bahan makanan yang kaya vitamineral misalnya:
Vitamin B1 pada hati, daging, serealia;
Vitamin B2 pada susu, hati, daging, ikan;
niacin pada ikan,kacang-kacangan, daging;
vitamin B12 pada susu, ikan laut, telur;
vitamin C pada tomat, mangga, nanas, jeruk; kalsium pada sarden, susu, teri;
Zinc pada daging; seafood dan buncis.

Makanlah dengan porsi kecil tapi frekuensi lebih sering untuk menghindari mual-muntah, misal enam kali sehari dengan porsi kecil.

Usahakan untuk menghindari gula, kopi dan alkohol. Untuk memecah gula menjadi karbohidrat dibutuhkan vitamin B , jadi bila banyak makan gula, maka vitamin B akan banyak terkuras. Kopi mengandung kafein yang bersifat diuretik yang menyebabkan seseorang sering buang air kecil, sifat ini membuat ikut terbuangnya vitamin B dan C. Alkohol juga bersifat diuretik. Selain itu metabolisme alkohol akan membutuhkan vitamin B1 dan niasin sehingga kedua vitamin itu terpakai untuk mencerna alkohol.

Salah satu buah yang bagus dikonsumsi saat stres adalah pisang, karena mengandung kalium, triptofan, potassium, dan vitamin B6. Kaliumnya akan menormalkan denyut jantung dan kerja otot, sedangkan triptofan, potassium dan vitamin B6 akan membantu mengurangi perasaan emosional.
5.Berolahraga
Dengan berolahraga maka akan terjaga kesehatan tulang, otot, jantung dan paru-paru. Olahraga teratur akan meningkatkan produksi endorfin yang berefek membawa kelegaan di hati.
6.Banyak berdoa, mendekatkan diri kepada Allah SWT.
Orang yang dekat dengan Allah cenderung lebih tenang. Bahkan hasil penelitian, sholat tahajud yang dilaksanakan dengan rutin juga meningkatkan produksi endorfin dan meningkatkan imunitas.
Info lebih lengkap dan menarik lainnya, click http://rumah-sehat.blogspot.com/2006/07/mengatasi-stres-secara-terpadu.html

0 komentar: